PESANTREN BALI BINA INSANI

Mengundang seorang tokoh pemerintahan yang juga seorang public figure adalah sebuah pekerjaan yang tidak mudah walaupun tidak ada hal yang tidak mungkin. Apalagi dalam waktu yang sangat mendesak dan mendadak. Namun apabila sudah dikehendaki oleh Allah sub-haanahu wa ta’ala maka tiada ada hal yang tidak terselesaikan.

Para pengurus Organisasi Santri La-Royba (OSALA) yang sedang berfikir untuk membuat acara peringatan Isro’ Mi’roj, Allah memberikan bonus dengan kesiapan Bupati dari Kabupaten Lombok Utara (KLU) yang sedang di Jakarta menunaikan tugas untuk hadir di Pondok Pesantren Bali Bina I nsani untuk silaturahmi. Konfirmasi beliau pun diberikan pada malam Jum’at tanggal 12 Mei 2016. Hari Jum’at pagi Mudirul Ma’had Drs. H. Ktut Imaduddin Djamal, SH, MM baru memberikan instruksinya kepada dewan asatidz utuk mempersiapkan pengkajian Isro’ Mi’raj dengan nara sumber Dr. TGH. Najmul Akhyar, SH, MH pendiri Pondok Pesantren Hidayatur Rohman dan Bupati Lombok Utara. Undangan pun disampaikan kepada Ibu Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti, Dandim Tabanan, Kapolres Tabanan, Camat kecamatan Kerambitan, Danramil Kerambitan, Kapolsek Kerambitan, serta kepala desa Meliling Kerambitan Tabanan.

 

Alhamdulillah hari Ahad, 15 Mei 2016 dihadiri lengkap oleh undangan yaitu Bupati Tabanan yang diwakili oleh staf ahli pembangunan daerah, Dandim Tabanan, Kapolres Tabanan, Camat Kerambitan, Danramil, Kapolsek

 

Warga muslim di kecamatan Kerambitan yang tergabung pada Krama Muslim Kerambitan bagi para Bapak dan Majlis Taklim Kerambitan atau MATIK bagi para Ibu memenuhi masjid Harjo Quba Pondok Pesantren Bali Bina Insani. Acara diawali dengan penampilan Drumband santri MTs Pondok Pesantren Bali Bina Insani dilanjutkan sesaat para tamu kehormatan duduk santai di dalam masjid.

 

Al Banjary memeriahkan suasana awal. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC Anisa Balkis La Tandro kontingen Makasar. Kemudian tilawah oleh Julian Dinar kontingen Denpasar, sambutan bahasa Inggris oleh Shofia Hana Sabrina kontingen Denpasar. Sambutan perkenalan disampaikan oleh Mudirul Ma’had Ayahanda Drs. H. Ktut Imaduddin Djamal, SH, MM, yang dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Tabanan. Tari Sekar Jagat memperindah suasana. Acara inti adalah tausiyah ilmiah oleh Dr. TGH. Najmul Akhyar, SH, MH yang juga merupakan Bupati KLU.

 

Tema Isro’  Mi’roj kali ini adalah Isra’ Mi’raj dalam dimensi Menyama Braya, tinjauan historis, pengetahuan dan sosiologi kemasyarakatan. Jamaah yang hadir kurang lebih 600 orang sangat menikmati kajian yang disampaikan. Tak terasa satu setengah jam mengalir tanpa jeda. Suasana belajar sangat terasa menyenangkan. Dibawa ke masa lalu, saat ini dan ke masa depan bahkan diantar menuju alam akhirat. Sebuah lintasan yang tidak mudah dibawakan, namun Dr. TGH. Najmul Akhyar, SH, MH sangat mengalir. Tokoh yang pinilih, ulama yang modernis dan bersahaja.

Acara yang dimulai dari pukul 09.30 dan ditutup dengan doa pusaka Hizib Nahdlotul Wathon pada pukul 11.25 yang dibawakan oleh para santri Pondok Pesantren Bali Bina Insani. Photo session dilaksanakan setelahnya

 

Sesaat para tamu undangan pulang, beliau pun masih menyempatkan diri untuk berdialog foto bersama lagi. By: yusaba