LAPORAN PROYEK PENYELENGGARAAN KELAS UNGGULAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH BALI BINA INSANI

LAPORAN PROYEK

PENYELENGGARAAN KELAS UNGGULAN
DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS
PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
DI MADRASAH TSANAWIYAH BALI BINA INSANI

Diajukan sebagai Persaratan Mengikuti
Lomba Kepala Madrasah Tsanawiyah Tingkat Provinsi Bali Tahun 2017

Disusun oleh :
Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I

KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TABANAN
MADRASAH TSANAWIYAH BALI BINA INSANI
YAYASAN LA-ROYBA BALI BINA INSANI
2017

KATA PENGANTAR

ﺑﺳﻢﷲﺍﻠﺭﺤﻣﻦﺍﻠﺭﺤﻳﻢ
Dengan memuja serta memuji Allah sub-haanahu wa ta’ala, Sang Pencipta alam semesta ghoiban wa dzoohiron dan senantiasa memelihara ciptaanNYA, makhlukNYA yang paling sempurna dengan karunia perlindunganNYA berupa iman, islam dan ihsan kepadaNYA.
Sholawat serta salam disanjungkan senantiasa dalam kalbu, jiwa rasa kita terucap keharibaan baginda Rasul Muhammad saw serta terwujud dalam perilaku keseharian, sehingga semoga beliau berkenan memberi kita syafa’atnya dalam kehidupan dunia fana ini dan di akhirat kelak.
Kegiatan madrasah Bali Bina Insani begitu rupa rona aktifitasnya, baik kurikuler maupun ekstra kurikuler, berupa olimpiade mata pelajaran, pengayaan mata pelajaran, drum band, al Banjary, pidato bahasa Arab dan bahasa Inggris, atletik, pingpong, bulu tangkis dan masih banyak lagi. Syukur alhamdulillah, sejak lima tahun yang lalu, Madrasah Tsanawiyah Bali Bina Insani berhasil menyelenggarakan program kelas unggulan, yaitu sebuah kelas terbatas hanya enam belas peserta didik atau santri, demikian kami menyebut yang dijalankan dengan standar penilaian etika perilaku sebagai rujukan utama dan kemudian standar perolehan nilai akademik. Etika yang tinggi berdampak pada keaktifan mereka dalam setiap kegiatan kesantrian di madrasah, baik dalam organisasi OSIS, maupun kegiatan kompetisi apapun dan mereka mendominasi. Tentu pembimbingan para dewan guru adalah sebuah syarat mutlak terselenggaranya program kelas ini.
Amanah untuk mengikuti lomba kepala madrasah tsanawiyah tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Wilayah Provinsi Bali tahun 2017 ini, kami laksanakan dengan mengajukan project report kelas unggulan ini.
Demikian semoga bermanfaat, madrasah lebih baik dan lebih baik Madrasah.

A. LATAR BELAKANG.

Proses belajar mengajar di dalam kelas di suatu sekolah atau madrasah adalah sebuah proses terujung dari kegiatan belajar mengajar yang utama dan sangat mudah diobservasi oleh pihak manapun dan untuk kepentingan apapun. Hal mana merupakan implementasi dari konteks pembangunan nasional dengan landasan yuridis antara lain UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Kepala madrasah merupakan motor dari operasional sebuah lembaga formal pendidikan di bawah naungan Kementrian Agama yang juga merupakan transformation agent atas dewan guru dan staf yang ada di lembaganya. Kemajuan dan kemunduran lembaga yang di bawahnya adalah merupakan amanah dunia akhirat baginya. Program kerja kepala madrasah, supervisi pendidikan dan kependidikan serta pendampingan adalah hal yang mutlak dilaksanakannya. Di dalamnya tercakup pengembangan, pematangan dan fungsi manajemen yang berupa planning, organizing, actuating serta controlling. Madrasah Tsanawiyah Bali Bina Insani dalam pengembangan dan evaluasinya adalah melaksanakan program Kelas Unggulan.
Kelas Unggulan adalah sebuah impian dari perbaikan kualitas secara holistik atas para siswa dengan menumbuhkan asa persaingan positifnya. Dimulai dari langkah percobaan pada tahun ajaran 2012-2013 sehingga di tahun ajaran 2016-2017 ini yang merupakan tahun keempat dari program Kelas Unggulan. Kelas ini kami istilahkan dengan nama “The Excellent Class” dikarenakan memang hanya satu kelas saja pada satu jenjang pendidikan dan dengan jumlah santri peserta didik yang terbatas pula.
Kementrian Agama Kabupaten Tabanan dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam sangat mendukung dari berbagai sisi bahwa kelas unggulan dan finger print layak dilaksanakan dengan catatan bahwa sesuai dengan nama dan instansi yang menaungi maka anak-anak kelas unggulan memang haruslah unggul dari sisi akhlakul karimah, akademik serta berbagai macam ketrampilan sesuai dengan visi misi dan program kerja madrasah.
Pembelajaran di kelas unggulan sendiri secara batas minimum diberlakukan dengan dalam satu kali pertemuan seorang dewan guru pengampu mata pelajaran haruslah bermuatan lebih padat dari madah di kelas regular sesuai kurikulum yang diberlakukan dan tentunya berbasis teknologi, informasi dan komputer.
Para santriwan dan santriwati sebagai peserta didik kelas unggulan sudah diamati, dicermati, didampingi dan dievaluir mulai saat kegiatan penerimaan peserta didik baru. Pada tahun ajaran 2016-2017 ini kami memiliki 46 anak di kelas unggulan ini dari jumlah 248 siswa keseluruhan.

B. TUJUAN

Tujuan dari program kelas unggulan ini secara umum adalah :
1. Mencetak peserta didik yang unggul dalam akhlakul kariimah.
2. Mencetak peserta didik yang unggul dalam hafalan Al Qur’an minimal Juz ‘amma berikut artinya.
3. Mencetak peserta didik yang unggul dalam pengetahuan agama islam dan siap maju dalam olimpiade keagamaan.
4. Mencetak peserta didik yang unggul dalam pengetahuan umum dan siap maju dalam pelbagai olimpiade umum.
5. Mencetak peserta didik yang unggul dalam berbahasa asing minimal bahasa Arab dan Inggris.
6. Mencetak peserta didik yang unggul dalam pelbagai ketrampilan, minimal kepramukaan,seni dan bela diri.
Untuk mencapai tujuan tersebut kegiatan yang dilaksanakan setiap hari efektif bagi peserta didik di kelas unggulan adalah sebagai berikut:

1. Guru
a. Mempersiapkan materi pelajaran yang diampu haruslah lebih padat dan ditampilkan pada Rencana Program Pengajarannya.
b. Materi disajikan dengan media yang lebih variatif dan menggunakan alat audio visual (komputer, proyektor dan sistem suara).
c. Materi disajikan dengan model pembelajaran Quantum Teaching and Learning di mana teori ini sangat memperhatikan kekuatan daya konsentrasi peserta didik yang menggunakan ice breaking atau alpha zone mengosongkan kembali fikiran dengan permainan, cerita, nyanyian dan lain sebagainya.
d. Mengggunakan model Contextual Teaching and Learning yang mengedepankan keaktifan, kenyamanan, kebersamaan dan persaingan sehat peserta didik dalam proses belajar.
e. Mempersiapkan ruang belajar baik in door maupun out door class.
f. Mempersiapkan kegiatan ekstra kurikuler dan pengayaan. Baik secara program, administrasi maupun operasionalnya dibantu oleh tenaga kependidikan.

2. Siswa
a. Bersemangat mempersiapkan diri untuk belajar dari hari ke hari
b. Bersemangat mengerjakan seluruh tugas mandiri
c. Selalu mempersiapkan diri dengan seluruh kelengkapan belajar.

3. Madrasah
a. Mempersiapkan ruangan kelas khusus dengan fasilitas proyektor, layar proyektor, sistem suara dan alat pendingin ruangan.
b. Mengadakan laptop bagi sietiap siswa
c. Membuka kerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar tingkat Nasional yaitu Ganesha Ooperation.

C. PROFIL MTs BALI BINA INSANI

TERLAMPIR

D. HASIL KEGIATAN
Program kelas unggulan yang dimulai dari tahun ajaran 2012-2103 dan merupakan kelas model bagi kelas sejenjang lainnya, bahkan bagi kakak kelasnya.
Konsentrasi program kelas unggulan ini dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut;

a. Pembatasan jumlah siswa yang ditentukan yaitu 16 anak dengan pembagian delapan putra dan delapan putri untuk setiap kelasnya.
b. Jumlah siswa baku akan tetapi peserta didiknya dapat berganti sesuai dengan standar kemampuan yang harus dicapai.
c. Kelas ungguan adalah kelas terbuka yang peserta didiknya dapat berganti pada setiap semesternya, apabila ada santri yang berhasil mencetak standar nilai akhlakul karimah, akademik nilai non akademiknya lebih tinggi.
d. Penentuan dewan guru yang memiliki komitmen dan profesionalitas di atas rata-rata.
e. Penambahan materi pada setiap jam tatap muka
f. Penambahan waktu belajar.

Hasil Program Kelas Unggulan Dalam Kegiatan Pembelajaran

Jadwal Pelaksanaan Jenis Kegiatan Rincian Ket.
1. Terlampir jadwal belajar regular kurikuler a. Evaluasi rutin 1. Ujian tengah semester
2. Ujian akhir semester
3. Ujian kenaikan kelas Terlampir
b. Olimpiade KSM

Terlampir
c. Lomba lainnya di lingkungan Kementrian Agama Kompetisi Sain Madrasah, AKSIOMA dan POSPEDA 2013 Terlampir
d. HUT kota Tabanan Gerak jalan 2014 Terlampir
e. Penilaian perilaku Bimbingan dan Konseling Madrasah per bulan Penilaian perilaku point positif dan negatif per bulan dengan standar minimum 100 point Terlampir

Prestasi Santri Kelas Unggulan Tahun 2016-2017

No Nama L/P Kelas Lomba
1 Chairil Indah Cahyaning P IX 1. 2016: Lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competition Cerdas Cermat SMA 1 Tabanan, Perkemahan Pramuka Madrasah Kabupaten, Olimpiade KKMTs Fisika.
2. 2017: MQK Kitab Tafsir Jalalayn tkt. Provinsi
2 Maulida Dinda Putri P IX 1. 2016: Lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competition Cerdas Cermat SMA 1 Tabanan, Perkemahan Pramuka Madrasah Kabupaten, KKMTs Matematika.
2. 2017: MQK Kitab Ta’limul Muta’allim tkt. Provinsi
3 Kadek Devi Maharani P IX 2016: Olimpiade KKMTs Provinsi PAI, lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competition LKBB morse SMA 1 Tabanan,
4 Nadini Ramadhona P IX Tahun 2016: Olimpiade KKMTs Provinsi Bahasa Inggris, lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competition Cerdas Cermat SMA 1 Tabanan, Perkemahan Pramuka Madrasah Provinsi
5 Lalu Doni Irawan L IX 3. 2016: Lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competition Cerdas Cermat SMA 1 Tabanan, Perkemahan Pramuka Madrasah Kabupaten
4. 2017: MQK Kitab Riyadlus Sholihin tkt. Provinsi.
6 Ahmad Zaenuri L IX 1. Tahun 2016: Lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competition Cerdas Cermat SMA 1 Tabanan, Perkemahan Pramuka Madrasah Provinsi
2. Tahun 2017: Silat Porsenijar kabupaten
7 Muhamad Ezra L IX 2016: Lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competition Cerdas Cermat SMA 1 Tabanan,
8 Dhea Amalia Agustina P VIII 1. 2016: Gerak jalan HUT kota Tabanan
2. 2017: KKMTs mapel biologi, KSM biologi, Aksioma Tahfidzul Qur’an
9 Laila Mara Nasution P VIII 2016: lomba gerak jalan HUT kota Tabanan
10 Syirtu Fil Layli Salima P VIII 2017: KKMTs mapel Matematika, KSM mapel Matematika.
11 Rafli Ariady L IX 1. 2016: Olimpiade KKMTs Provinsi Biologi, lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competition LKBB morse SMA 1 Tabanan,
2. 2017: MQK Kitab Safinatun Najah tkt. Kabupaten.
12 Febrian Dwi Adam L IX 2016: Olimpiade KKMTs Provinsi IPS, lomba gerak jalan HUT kota Tabanan
13 Nur Ramadhani P IX 2016: Lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competition LKBB morse SMA 1 Tabanan,
14 Eva Rescia Fatmayzi P IX 2016: Lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competition LKBB morse SMA 1 Tabanan, Perkemahan Pramuka Madrasah Kabupaten
15 Ismiatul Jannah P VIII 2016: lomba gerak jalan HUT kota Tabanan
16 Vivia Alifaturrahmah P VIII 1. 2016: lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competition LKBB morse SMA 1 Tabanan,
2. 2017: AKSIOMA tkt kabupaten Al Banjary
17 Fahmi Wahunita Hadi Putri P VIII 2016: lomba gerak jalan HUT kota Tabanan
18 Eka Anggraini P VIII 2017: Aksioma kabupaten cabang pidato bahasa Arab, Scout Skill Competition LKBB morse SMA 1 Tabanan
19 Ganisyar Herjatmiko L VIII 1. 2016: lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competition LKBB morse SMA 1 Tabanan
2. 2017: Aksioma pidato bahasa Arab tkt provinsi
20 Muhammad Aditya Pratama L VIII 1. 2016: Gerak jalan HUT Tabanan
2. 2017: Porsenijar tenis meja, Aksioma tkt kabupaten Al Banjary

E. RINGKASAN HASIL PROGRAM KELAS UNGGULAN

1. Kegiatan Pembelajaran
a. Siswa diseleksi dan terus dinilai
b. Mata pelajaran regular seperti biasa
c. Jadual pelajaran ditambah waktu belajar
d. Materi dikayakan dua kali lipat minimal
e. Guru melengkapi perangkat mengajar dan media ber TIK serta ber-Alpha Zone.
f. Kegiatan ekstra kurikuler bersaing dengan siswa lainnya

2. Administrasi Madrasah
a. Penambahan data khusus kelas unggulan

3. Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang dipergunakan dan disediakan madrasah adalah laptop, proyektor, layar proyektor, system suara,

4. Perpustakaan Sekolah
Madrasah menyiapkan jadual kunjungan khusus begitu pula dengan dewn guru pengampu mata pelajaran

5. Lingkungan Sekolah
Madrasah bersama para siswa kelas unggulan melakukan program Go Green & Clean

6. Kegiatan Ekstra Kurikuler
Siswa kelas unggulan mengikuti berbagai kegiatan ekstra kurikuler seperti Pramuka, bela diri, olah raga dan seni.

7. Program Pendidikan Bersinergi Dengan Pondok Pesanren Bali Bina Insani
Setiap siswa kelas unggulan tinggal di asrama Pondok Pesantren Bali Bina Insani dan system penilaiannya terintegral kuat. Buku raport santri diterbitkan sebagai buku penghubung dan kontrol antara manajemen Madra2016: Lomba gerak jalan HUT kota Tabanan, Scout Skill Competitison SMA 1 Tabanan, Perkemahan Pramuka Madrasah Kabupatensah dan manajemen pondok Pesantren.

F. PERMASALAHAN DAN PENANGGULANGANNYA
Secara umum permasalahan yang dihadapi dan cara pemecahannya diuraikan sebagai berikut: masing-masing diuraikan masalah yang dihadapi dan cara pemecahannya

1. Kegiatan Pembelajaran
a) Belum semua dewan guru mampu menggunakan media TIK sehingga ke depannya harus diberlakukan short course khusus tentang TIK bagi dewan guru
b) Belum semua dewan guru memiliki perbendaharaan kegiatan alpha zone dengan cukup, sehingga harus diberlakukan short course khusus alpha zone bagi dewan guru
c) Belum semua dewan guru mampu dengan model Quantum Teaching and Learning, sehingga harus diberlakukan short course tentang Quantum Teaching and Learning kembali

2. Pendanaan
Dana pendukung belum mencukupi kebutuhan, maka akan segera dicarikan terobosan selain dengan menggunakan dana bantuan operasional sekolah, bea siswa siswa berprestasi juga akan dicarikan orang tua asuh

G. REKAPITULASI KEBUTUHAN GURU

Contoh:
No. Mata pelajaran Jml
Keterangan
1. Matematika 1 Cukup
2. IPA 1 Cukup
3. IPS 1 Cukup
4 Bahasa Indonesia 1 Cukup
5 Bahasa Inggris 1 Cukup
6 Bahasa Arab 1 Cukup
7 Al Qur’an hadits 1 Cukup
8 SKI 1 Cukup
9 Fiqih 1 Cukup
10 Akidah Akhlak 1 Cukup
11 Bahasa Bali 1 Cukup
12 Olah raga 1 Cukup

H. KESIMPULAN DAN SARAN

1. Kesimpulan

Alhamdulillah dengan memutuskan untuk melaksanakan program pembelajaran Kelas Unggulan beberapa hasil sudah diberikan oleh Allah subhaanahu wa ta’ala baik dari kegairahan para dewan guru dalam melaksankaan pengabdiannya, kesungguhan para siswa dalam belajar, sehingga perolehan siswa di tahun kedua melonjak 80% dari tahun sebelumnya.

Sebuah program kerja yang layak untuk diteruskan dan diperhatikan secara lebih serius demi perbaikan kualitas pendidikan bagi generasi bangsa hal mana tentunya semakin meningkatkan kesejahteraan bagi para dewan guru yang terlibat langsung.

2. Saran

A. Bagi para wakil kepala
a) Program kelas unggulan adalah sebuah keniscayaan yang mutlak harus semakin diberdayakan
b) Kebersamaan adalah syarat mutlak untuk menuju kesuksesan

B. Bagi dewan guru
Agar semakin meningkatkan kerja dan kinerja agar selalu tetap mampu mengadopsi perkembangan zaman dalam pengetahuan yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diampu. Persiapan yang semakin matang adalah kunci semakin mampunya dalam melakukan control selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung

C. Bagi siswa
Semangat dan optimis serta percaya diri untuk selalau bersaing dalam hal yang positifi adalah sunnah daripada Baginda Rasul saw yang mutlak dilanggengkan sehingga siap menjadi generasi penerus yang mumpuni dan siap menjawab tantangan dan pertanyaan zaman

D. Bagi stake holder
1) Kelas unggulan adalah embrio sebuah keniscayaan demi perbaikan pelayanan lembaga atas kebutuhan masyarakat
2) Agar semakin memberikan perhatian, dukungan yang lebih nyata baik secara moril dan materiel

I. PENUTUP

Alhamdulillah semua proses dan kegiatan yang berjalan dari program kerja nyata Kelas Unggulan adalah sebuah ketulusan untuk menggapai asa yang lebih gemilang dengan prestasi yang lebih nyata baiknya sejajar dengan moto kami pribadi always do the better of the best adalah bukti nyata dari perhatian kasih sayang Allah. Hal mana apabila kita semakin mempertajam prestasi pengabdian kita kepadaNYA, sebuah kepastian bahwa Allah akan memberikan lipatan ganda karuniaNYA di masa mendatang

Teriring kata astaghfirullooh dan subhaanallooh kami memohon maaf atas segala kelemahan dan ketidak berdayaan

J. LAMPIRAN LAMPIRAN

1. Profil Sekolah

2. Foto Kegiatan

Lampiran

MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) BALI BINA INSANI
YAYASAN LA-ROYBA
Terakreditasi : A+
NSM : 212510373001 NPSN : 50105662
Alamat : Jl. Raya Timpag Meliling Kerambitan Tabanan Bali Telp. (0361) 8944009
Website : http://www.mts.balibinainsani.com Email : mts.balibinainsani@gmail.com

PROFIL MADRASAH

• Nama Madrasah : MTs Bali Bina Insani
• No Statistik : 12125023002
• Akreditasi Madrasah : Terakreditasi A+
• Alamat Lengkap madrasah : Jl. Raya Timpag , Desa Meliling Kec.
Kerambitan,
Kab/Kota Tabanan
Provinsi Bali
No. Telp. (0361) 8944009
• NPWP Madrasah : 30.117.188.0-908.000
• Nama Kepala Madrasah : Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
• No. Telp/Hp : 08124698233
• Nama Yayasan : La-Royba Bali Bina Insani
• Alamat yayasan : Jl. Raya Timpag Meliling Kerambitan
Tabanan Bali
• No Telp Yayasan : 0361 8944007/ 0361 8072038
• No Akte Pendirian Yayasan : 22 Tanggal 30 April 1992
• Kepemilikan Tanah : Yayasan
Status : Wakaf Yayasan
Luas Tanah : 2.525 M2
• Status Bangunan : Yayasan
• Luas Bangunan : 2.525 M2
• Data Siswa dalam empat tahun terakhir
Tahun Ajaran Kelas VII Kelas VIII Kelas IX Jumlah
(Kelas VII+VIII+IX)
Jml Siswa Jml rombel Jml Siswa Jml rombel Jml Siswa Jml rombel Jml rombel Jml siswa
2013-2014 56 3 34 2 38 2 6 128
2014-2015 96 4 50 3 32 2 9 178
2015-2016 110 4 81 4 62 3 11 253
2016-2017 92 4 86 4 71 4 12 249

Progres Data Jumlah Siswa Kelas Unggulan

Tahun Ajaran Kelas VII Kelas VIII Kelas IX Jumlah
2011-2012 12 12
2012-2103 12 12 24
2014-2015 15 12 12 39
2015-2016 16 15 15 46
2016-2017 16 16 16 48

• Data Sarana Prasarana
No Jenis Prasarana Jumlah Ruang Jumlah Ruang Kondisi Baik Jumlah Ruang Kondisi Rusak Kategori Kerusakan
Rusak Ringan Rusak Sedang Rusak Berat
1 Ruang Kelas 12 10 5 3 1 1
2 Perpustakaan 1 1 1
3 R. Lab IPA 1 1 1
4 R. Lab Biologi
5 R. Lab Fisika
6 R. Lab Kimia
7 R. Lab Komputer
8 R. Pimpinan 2 2
9 R. Guru 1 1
10 R. Tata Usaha 1 1
11 R. Konseling 1 1
12 Tempat Beribadah 1 1
13 R. UKS 1 1
14 Jamban 8 8 4 4
15 Gudang 1 1 1
16 R. Sirkulasi
17 Tempat Olah Raga 3 3
19 R.Organisasi kesiswaan 1 1
20 R. Lainnya

• Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No Keterangan Jumlah
Pendidik
1 Guru PNS diperbantukan tetap
2 Guru Tetap yayasan 16
3 Guru Honorer
4 Guru Tidak tetap 11
Tenaga Kependidikan
Kepala TU 1
TU 1
Keamanan / Satpam 1

• Fotocopy NSM/Surat Izin Operasional Pendidikan (dilampirkan)
• Akreditasi (dilampirkan)
• Bukti Kepemilikan Tanah (dilampirkan)

Mengetahui,
Ketua Komite

Abdullah Kahar Kerambitan, ………………….
Kepala

Yuli Saiful Bahri, S.Pd.I
Nip. –