5 MOMENTS IN ONE BIG EVENT BALI BINA INSANI

Alhamdulillah dengan arahan dorongan bimbingan Mudirul Ma’had Ayahanda Drs H. Ktut Djamal, SH, MM para santri Bali Bina Insani melalui Organisasi Santri La-Royba (OSALA) Bali Bina Insani melaksanakan persiapan yang jatuh bangun untuk menyelenggarakan kegiatan Hari Santri Nasional, Hari Sumpah Pemuda, Hari Milad Santri Bela Negara (SABELANA) dan hari Milad Ma’had Bali Bina Insani serta Perkemahan Jambore – Raimuna I Gudep 06.53-06.54, cek berita di koran elektronik http://medialintasnusantara.com/2017/11/07/lima-even-dalam-satu -wadah/ artikel ini asli karya anak santri bali bina Insani.

Panitia yang diketuai oleh Yudha Prasetyo santri kelas V kontingen Denpasar dengan wakil I Ilhamy Adelina Putri kelas VI kontingen Banyuwangi dan wakil II M. Ferdi Riza Muttaqien kelas VI kontingen Badung mengawali kegiatan dengan dzikir Akbar Hari Santri Nasional. Dzikir yang dipimpin oleh Al-Ustadz lalu Dzularsy dari Lombok melantunkan sholawat Nariyah sejumlah 44.444 pada tanggal 21 Oktober 2017 pukul 20.30-21.30 di Basketball venue. Keesokan harinya, 22 Oktober 2017, dilaksanakan upacara Hari Santri Nasional yang seluruh santri mengenakan pakaian santri, bahkan pasukan pengibar benderanya pun mengenakan pakaian santri. Ikrar santri nasional juga dikumandangkan.

Pada hari Jumat, 27 Oktober 2017 dilaksanakan pula kegiatan dari pukul 10.15-12.00 berupa Hari peringatan Sumpah Pemuda, Hari Miladul Ma’had ke 26 dan Milad SABELANA ke 7 serta Upacara pembukaan Perkemahan jambore – Raimuna I. Pada saat upacara peringatan alhamdulillah hadir IRDAM IX Udayana dengan konfirmasi pada injury time dan berkenan menjadi inspektur upacara dan sekaligus mengukuhkan pasukan Santri Bela Negara (SABELANA generasi ke VII). Hadir pula bapak Dandim Tabanan dan seluruh jajarannya. Delegasi tamu dari Denpasar (MA-MTs Al-Ma’ruf, MA Hidayatulloh, MTs Bina Ihsan Mulia) hadir. Penampilan formasi baris berbaris di hadapan IRDAM IX Udayana oleh pasukan SABELANA generasi ke VII cukup mempesonakan beliau. Beliau memuji penampilan dan memberikan pesan, NKRI harga mati. Perang pangan, ekonomi dan papan semakin jelas dan Indonesia menjadi sasaran utama penguasaan negara-negara besar untuk mendapatkan asset potensi alam Indonesia. TNI tidak sanggup sendirian memperjuangkan negara dan bangsa, rakyat Indonesia khususnya para santri harus bangkit mewarisi semangat para ulama dan santri pejuang kemerdekaan. Bersama TNI dan rakyat Indonesia, maka kejayaan Indonesia akan terwujud kembali.

Usai sholat Jum’at diselenggarakan upacara pembukaan Perkemahan Jambore – Raimuna I Gugus Depan Bali Bina Insani. Pemateri yang dengan penuh semangat mengisi waktu adalah Kak Miasa seorang pelatih Pramuka senior di Kwartir Cabang Tabanan, Komandan Kodim Tabanan, Danrindam IX Udayana serta dari Angkatan Laut Bali. Para santri yang Pramuka dan Pramuka yang santri sangat antusias mengikuti kegiatan yang menggembirakan penuh yel, permainan dan pengetahuan. Kegiatan berjalan seiring waktu silih berganti. Hingga pada malam Ahad 28 Oktober 2017 bakda Isa dilaksanakan kegiatan Unggun Bangkit Miladul Ma’had wa SABELANA dari pukul 20.30-22.15.

Penutupan acara perkemahan Jambore – Raimuna I dilaksanakan dengan makan bersama dan pemberian hadiah Santri teladan 2017.

By Yusaba